Sabtu, 15 Juni 2013

Lomba Mobile Edukasi 2013

Lomba aplikasi mobile edukasi tahun  2013 mulai digelar. Bagi para pengembang aplikasi mobile untuk mulai menyiapkan hasil karyanya. Naskah ditunggu selambat-lambatnya tanggal 7 November 2013.

Untuk diketahui, Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) adalah salah satu unit pelaksana teknis yang berada di bawah Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) Departemen Pendidikan Nasional.


Lomba aplikasi mobile ini rutin diselenggarakan oleh BPMP, sebagai pengembang  model pembelajaran multimedia. Keunggulan  dari model ini adalah menggunakan alat (device) handphone untuk mengoperasikan aplikasi mobile edukasi ini.

Untuk itu  BPMP mengajak masyarakat khususnya siswa dan guru untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia dalam bentuk kegiatan lomba pembuatan mobile edukasi dengan nama Lomba Mobile Edukasi 2013. Lomba ini terbagi menjadi dua kategori, yakni kategori umum dan pelajar.
T U J U A N
Lomba Mobile Edukasi 2013 bertujuan untuk:
  1. Memotivasi masyarakat untukmengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
  2. Memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar /media pembelajaran berbasis
  3. TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
  4. Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh siswa sekolah melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  5. Memperkaya konten pendidikan di internet.
S A S A R A N
Sasaran dalam kegiatan ini adalah pengembang mobile learning baik siswa, guru maupun khalayak umum. Selain itu produk hasil lomba dapat dimanfaatkan oleh seluruh insan pendidikan dari seluruh jenjang.

Persyaratan Peserta :
  1. Lomba dibagi menjadi dua kategori yaitu :
    • Kategori Pelajar : SMP, SMA/SMK atau sederajat (perbulan Oktober masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang syah)
    • Kategori Umum : mahasiswa, guru, atau masyarakat umum
  2. Karakteristik Peserta
    • Bersifat perorangan
    • Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia hanya menanggung biaya akomodasi hanya 1 orang saat presentasi di babak final)
Persyaratan Karya :
  1. Karya berupa program Aplikasi Handphone untuk Pembelajaran Mandiri
  2. Karya adalah original dalam ide dan kreasi yang dapat dibuktikan
  3. Aplikasi boleh dikembangkan dengan platform apa saja (Misal : flash, flashlite, java, android atau apapun software pengembangnya)
  4. Didalam program mencantumkan tema (judul), tema bebas baik dari sisi mata pelajaran maupun jenjang.
  5. Tema tidak boleh sama dengan yang pernah di sajikan dalam m-edukasi.net
  6. Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar , kecuali mata pelajaran bahasa
  7. Peserta yang masuk final 30 besar, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi
  8. Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan dan/atau menjadi juara di tingkat nasional
  9. Karya yang masuk nominasi 50 besar dalam lomba Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan berhak mempublikasikan untuk kepentingan pendidikan.

Ayo yang berminat, kunjungi http://m-edukasi.net/lomba/index.php untuk info lebin lanjut.

0 komentar:

Poskan Komentar