Sabtu, 24 Desember 2011

Pengantar Flash

Flash merupakan salah satu software yang dapat digunakan untuk pembuatan presentasi, game, animasi, desain web maupun aplikasi lain memungkinkan adanya interaksi dengan pengguna (user).
Aplikasi yang menggunakan flash dapat dibuat dengan lebih menarik dengan menambahkan gambar, efek suara, video dan efek-efek lain. Di samping itu agar aplikasi yang dihasilkan lebih interaktif dapat ditambahkan action script.



Kelebihan flash dibanding dengan program lain adalah file yang dihasilkan ukurannya kecil. Hal ini sangat cocok sekali untuk menampilkan aplikasi flash di internet, apa lagi ukuran bandwitch masih bermasalah di Indonesia. Ukuran yang kecil ini dimungkinkan sekali karena hasil dari flash yang berbasis gambar vektor. Berbeda dengan gambar bitmap yang membutuhkan memori dan ruang penyimpanan yang besar.

Dengan berbagai fitur yang ditawarkan flash, ada banyak aplikasi yang bisa dibuat, antara lain :
a. Animasi
Termasuk di dalamnya adalah pembuatan banner (iklan), kartu ucapan online, kartun dan sebagainya.
b. Games
Games yang dibuat biasanya memadukan kemampuan animasi dan kemampuan logika dari flash.
c. User interface (antar muka)
Flash telah banyak digunakan untuk membuat tampilan pada halaman web. Di dalamnya meliputi tempat navigasi dari interface yang sederhana sampai interface yang kompleks.
d. Flexible Messaging Area (FMA)
Dengan menggunakan FMA dapat ditampilkan informasi yang terus berubah. Misalnya, FMA pada suatu website restoran dapat menampilkan menu istimewanya tiap hari.
e. Rich Internet Application (RIA)
Aplikasi ini dapat berupa kalender online, katalog toko, sistem pendidikan dan ujian online dan aplikasi lain yang menggunakan remote data dengan interface rich secara grafis.

1 komentar: