Minggu, 25 Desember 2011

KOSPIN JASA Gelar Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional

Kospin Jasa adalah fenomena. Koperasi Simpan Pinjam yang didirikan H.A. Djunaid bersama kekuatan tiga etnis (Arab, Cina, Jawa) di Pekalongan pada 13 Desember 1973 dengan modal awal 4 juta ini menjelma menjadi koperasi raksasa di Indonesia dengan asset trilyunan rupiah.
Untuk mencapai hasil tersebut, tentu ada proses dan perjalanan panjang yang dilakukan para stakeholder Kospin Jasa. Kesetiaan Anggota, Profesionalisme Karyawan dan Integritas Pengurus adalah sedikit dari banyak jawaban atas keberhasilan tersebut.
Tentu ada sisi-sisi menarik lainnya yang menyebabkan Kospin Jasa demikian, termasuk saat perekonomian Indonesia didera krisis ekonomi pada tahun 1997-1998, dimana Kospin Jasa justru tumbuh dan mendapatkan kepercayaan yang berlipat dari masyarakat.
Sebagai fenomena, tentu perlu ditelaah, apa dan mengapa koperasi ini meraja dan banyak mendapatkan penghargaan nasional dari Presiden RI, Kementrian Koperasi juga dari institusi swasta macam Rebi (Rekor Bisnis). Disini dibutuhkan banyak kajian dari berbagai kalangan, khususnya mereka yang berminat menuliskannya. Dengan banyaknya tulisan tentang Kospin Jasa diharapkan dunia perkoperasian di Indonesia akan memiliki banyak referensi, sehingga bermanfaat bagi perkembangan perekonomian rakyat. Sebagai langkah untuk mewujudkannya, berkait dengan perayaan ulang tahun ke 38, Kospin Jasa menggandeng Pusat Studi Ekonomi Kerakyatan (PUSKAT) UGM dan Kementrian Koperasi dan UKM, menyelenggarakan “Lomba Karya Tulis Tingkat Nasional Tentang Kospin Jasa”.
Saelany Machfudz, Koordinator kegiatan ini mengungkapkan, lomba karya tulis ini sengaja mengundang para mahasiswa, penggiat koperasi, pengamat ekonomi kerakyatan dan para penulis untuk mengikuti acara ini. “Kami mengangkat tema: Koperasi semangatku, Kospin Jasa Harapanku, Sejahtera Bangsaku”
“Dari tema tersebut, para peserta dapat mengambil sub tema (1) Kospin Jasa menghadapi era globalisasi, (2) Peran Kospin Jasa Syariah dalam percaturan lembaga keuangan di Indonesia. (3) Kospin Jasa, Koperasi Terbesar yang saya kenal.” Ujar Saelany.
Lomba Karya Tulis ini diperuntukkan untuk umum, dengan syarat tulisan belum pernah dipublikasikan, panjang tulisan maksimal 8000 karakter, jenis font time new roman, font size 12 dan dikirimkan langsung atau melalui pos dengan amplop tertutup bertuliskan Lomba Karya Tulis Kospin Jasa, ke Panitia HUT Kospin Jasa, Jl. Dr. Cipto No.48 Pekalongan, telp. (0285) 422873, atau di Kantor-kantor Kospin Jasa di Indonesia dilampiri foto copy identitas diri.
Saelany menambahkan, naskah yang masuk akan dinilai oleh dewan juri yang sangat ekspert didunia koperasi, yaitu dari akademisi, praktisi dan pengamat ekonomi koperasi. “Kami berharap pada 31 Desember 2011 ini naskah sudah masuk kepada kami, sehingga kami dapat langsung melakukan menilaian yang akan kami umumkan pemenangnya pada 5 Februari 2012. Dan total hadiah dalam lomba ini adalah 15 juta rupiah untuk 6 orang pemenang.”
“Untuk memenuhi kebutuhan data tentang Kospin Jasa, peserta dapat mengakses website www.kospinjasa.com atau dari buku Berpikir Besar dalam Koperasi yang bisa didapatkan di Gramedia, Sosial Agency dan toko buku lainnya, juga bisa membaca Majalah MASA: Media Komunikasi Kospin Jasa yang dapat diperoleh di kantor-kantor Kopsin Jasa. Bila ingin melakukan riset langsung ke Kospin Jasa, kami juga akan menerima dengan senang hati” imbuh Saelany. (inh)

2 komentar:

  1. lha wis duwe blog seneng aku..

    BalasHapus
  2. Terima kasih..masih morak-marik desainnya..
    Isinya juga masih copas dari blog2 lain..
    Ditunggu postingannya..
    kirim aja ke arsyadriyadi@yahoo.com
    Materi seputar ICT dan pendidikan

    BalasHapus